Posted by : Unknown Selasa, 30 April 2013

Rangkaian Kontrol Forward-Reverse Star-Delta, sebenarnya tidak semua orang sama jalan pemikirannya, jadi sobat – sobat bisa berkreasi dengan ide masing-masing tidak harus sama dengan apa yang akan saya tampilkan nanti.
Saya anggap sobat sudah paham tentang komponen pendukung peralatan kontrolnya, kalo ternyata ada yang bingung silakan bertanya, Insyaallah dengan senang hati akan saya jelaskan. Dari gambar Rangkaian Kontrol Forward-Reverse Star-Delta yang akan saya tampilkan berikut ini, ada bebarapa gambar yang menjelaskan dari masing masing perubahan, yaitu :
1. Kondisi Forward dengan hubungan bintang ( Y / Star )
2. Kondisi Forward dengan hubungan segitiga ( Δ / Delta )
3. Kondisi Reverse dengan hubungan bintang ( Y / Star )
4. Kondisi Reverse dengan hubungan segitiga ( Δ / Delta )
Untuk implementasinya terserah sobat mau di bawa kemana, yang penting sobat bisa memahami terlebih lagi jika sobat adalah pekerja, pelajar atau mahasiswa lebih mantap untuk di ketahui. Oke sobat mari kita lanjutkan dengan gambar biar jelas, Rangkaian Kontrol Forward-Reverse Star-Delta berikut ini dilengkapi dengan :
a. Tombol Tekan
Tombol tekan yang digunakan terdiri dari 1 tombol OFF sebagai pemutus rangkaian dan 2 tombol ON yaitu ON_1 untuk mengontrol rangkaian dengan arah FORWARD (Maju) baik STAR maupun DELTA dan Tombol ON_2 untuk mengontrol rangkaian dengan arah REVERSE (mundur) Baik STAR maupun DELTA.
b. Kontaktor Magnet
Ada 4 buah Kontaktor yang digunakan dalam rangkaian ini, dengan keterangan KF (Kontaktor Forward), KR (Kontaktor Reverse), KB (Kontaktor untuk Hubungan Bintang/STAR) dan KD (Kontaktor untuk Hubung Segitiga/DELTA)
c. TIMER
Fungsi TIMER pada rangkaian kontrol ini sebagai perubah/pemindah dari kondisi STAR ke DELTA secara otomatis.

1. Kondisi Forward - Star Delta

Mad Elektro
Prinsip Kerja Rangkaian :
Jika tombol ON_1 di tekan sesaat maka arus listrik mengalir menuju Coil Kontaktor KF bersamaan dengan Coil KB dan TIMER. Pada kondisi ini rangkaian dalam keadaan FORWARD – STAR (LIHAT LINE MERAH). Sesuai dengan waktu yang ditentukan pada TIMER, maka secara otomatis akan berpindah dari hubungan STAR ke DELTA (Lihat Gambar 2)
Mad Elektro
2. Kondisi Reverse - Star Delta
Mad Elektro
Prinsip Kerja Rangkaian :
Untuk menjalankan kondisi yang kedua ini tidak bisa secara langsung menekan tombol ON_2 melainkan terlebih dahulu menekan tombol OFF, dikarenakan pada rangkaian di Protek oleh sistem Interlock sehingga saling mengunci jika suatu Kondisi telah aktif. Hal ini di lakukan untuk meniadakan gangguan antar fasa fasa listrik sehingga aman bagi manusia dan peralatan. Nah Jika telah menekan tombol OFF baru deh silakan bersiap2 untuk menekan tombol ON_2, namun jika rangkaian kontrol ini di hubungkan dengan motor listrik, tunggulah sampai motor listriknya berhenti.
Dengan menekan sesaat pada tombol ON_2 maka arus listrik akan mengalir menuju Coil Kontaktor KR bersamaan dengan Coil KB dan TIMER. Pada kondisi ini rangkaian dalam keadaan REVERSE – STAR (LIHAT LINE MERAH). Sesuai dengan waktu yang ditentukan pada TIMER, maka secara otomatis akan berpindah dari hubungan STAR ke DELTA (Lihat Gambar 4)
Mad Elektro

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Komen Yuk......

- Copyright © Long Live Education -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -